Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi

Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi

Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi



Assalamualaikum Wr. Wb
Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in waala umuriddunya waddin wassalatu wassalamu ala asrofil ambiya’i wal mursalin waala alihi wasohbihi ajma’in ama ba’du.
Tema: Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi

Masalah kesehatan mental bagi yang terkena dampak memang tidak dapat dihindari. Namun, stres dan rasa cemas berlebihan bisa dikelola dan ditangani, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari.
– Berikut ini tips menjaga kesehatan mental saat pandemi:
1.Batasi Penggunaan Media Sosial
Mengikuti perkembangan berita yang sedang terjadi memang penting, tetapi jika berdampak pada psikis masing-masing orang, sebaiknya batasi penggunaan media sosial. Terus-menerus terpapar berita yang tidak baik akan berdampak negatif bagi kesehatan mental. Batasi penggunaan teknologi, mengingat terkadang perlu keluar dari dunia maya dan mencari aktivitas lain yang membuat diri sendiri merasa senang dan nyaman.
2.Sibukkan Diri dengan Berbagai Aktivitas
Saat ini tengah diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) yang kedua kalinya. Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya dapat dilakukan dengan menyibukkan diri melakukan berbagai aktivitas yang disukai. Jika kamu ingin menonton drama yang masih menjadi wishlist, sebaiknya tonton sekarang guna membantu menjaga kesehatan mental. Melakukan kegiatan yang disukai akan menghindari kita dari pikiran negatif.
3.Tetap Menjaga Interaksi Sosial
Terkurung di rumah 24/7 mungkin membuat sebagian orang merasa stres. Apalagi bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Rasa kesepian ini berpotensi menimbulkan pikiran negatif yang dapat berdampak pada kesehatan mental. Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya dengan memikirkan jika karantina ini, adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan keluarga atau orang terkasih.Diskusikan dengan mereka dan rencanakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan bersama.
4.Jaga Kesehatan Tubuh dengan Baik
Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya. Jika kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan mengikuti, pun sebaliknya. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan. Tanpa keluar rumah kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Halodoc dengan fitur “beli obat” di dalamnya.

Terima kasih atas perhatiannya
Nuun walqalami wa maa yasturuun
Wassalamu’alaikum wr.wb
~Bidang LKR


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *